Panduan Nama Bayi Muslim

Setiap bayi berhak mendapatkan nama yang indah dan mengandung makna positif, dan bagi umat muslim nama bayi yang indah mengandung harapan akan mendapatkan barokah dari Allah SWT.

Dari hadist yang diriwayatkan, Rasulullah berkata bahwa “Namakan anak-anak dengan nama para Nabi, dan pada dasarnya nama yang dicintai Allah SWT adalah Abdullah dan Abdur-Rahman, nama yang mengandung kejujuran adalah Haarith dan Hammam, sedangkan yang paling tidak disukai adalah Harb dan Murrah.”

Saat ini banyak orang tua yang memanggil anak mereka dengan nama panggilan dengan menyingkat nama mereka, misalnya Mirza dengan Mica atau Mimi, atau Muhammad dengan Mamat, atau Muh.

Sebenarnya hal ini tidak dilarang, tapi ada baiknya dihindari karena dalam Islam hal tersebut tidak baik karena anak berhak untuk mendapatkan nama yang indah, bukan kumpulan yang tidak mengandung arti, atau bahkan dapat mengandung pelecehan.

Tetaplah memanggil si anak dengan nama aslinya karena anda akan tetap memberi doa kepada anak anda.

Nama dapat menjadi identitas tersendiri. Bagi anda yang beragama Islam, dengan memberi nama anak berbau islami maka ketika namanya disebut, orang akan tahu bahwa si pemilik nama tersebut adalah orang islam.

Tidak ada salahnya memberi nama moderen, tapi dengan begitu maka anak anda akan kehilangan identitasnya sebagai seorang muslim/muslimah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>