Nama Bayi dari Bahasa Latin

Nama Latin

Nama-nama dari bahasa Latin merupakan nama bayi yang jarang digunakan orang Indonesia. Oleh karena itu, saya merekomendasikan nama-nama ini jika Anda ingin nama yang unik dan lain daripada yang lain untuk buah hati Anda. Nama-nama berbahasa Latin yang saya pilih ada yang merupakan kata biasa tapi ada pula yang bentuknya frasa, yakni nama-nama Latin yang digunakan dalam istilah biologiJ

Nah, nama-nama biologi ini lucu-lucu lho! Saya punya contoh nyata, yakni seorang senior di kampus saya bernama Tectona Grandis yang merupakan bahasa latin untuk pohon Jati. Mungkin orang tua senior saya tersebut ingin putranya tegar dan kuat, sekuat batang pohon jati. Tentu saja nama senior saya itu sangat tidak pasaran di Indonesia, dan orang-orang pun menjadi mudah mengingat siapa dia karena namanya itu. Manfaat lain menamakan buah hati dengan nama biologi adalah membuatnya menjadi mudah mengingat nama-nama Latin dalam pelajaran biologi yang akan dihadapinya di masa sekolah nanti J

Jadi, jangan takut memberikan nama yang “lain”, “unik”, “khas”, you named it, as long as nama bayi Anda tidak mengandung hal-hal yang provokatif, then no problemo!

Abracadabrella birdsville, merupakan nama spesies laba-laba yang pandai meloncat.

Abudefduf, merupakan nama spesies bagi sejenis ikan yang arti namanya adalah pemimpin kapal yang mencolok.

v  Abil atau Abila, berarti berwajah rupawan.

v  Acacia, merupakan nama spesies bagi pohon akasia. Arti nama Acacia sendiri adalah pohon yang berduri. Terdapat dua pilihan nama spesies yang menarik untuk dijadikan nama bayi yakni Acacia mangium dan Acacia auriculiformis.

v  Accalia, merupakan nama serigala yang menyusui Romulus dan Remus dalam mitologi Romawi. Romulus dan Remus merupakan saudara kembar yang membangun kerajaan Roma.

Acinonyx, merupakan nama spesies bagi macan kumbang.

Adonnadonna primadonna, merupakan nama latin yang diambil dari judul lagu pop tahun 60-an yang dipopulerkan oleh Dionne & The Belmonts.

v  Aeolus, berarti variasi, perubahan. Dalam mitologi Yunani, nama ini diambil dari nama seorang Dewa Angin, Aiolos.

v  Aeronwen atau Agrona, berarti cantik dan diberkati.

v  Afra, berarti wanita yang berkulit gelap.

Agra eponine, merupakan nama spesies sejenis kumbang bersayap keras (agra), sementara nama belakangnya diambil dari nama salah satu karakter Les Miserables, Eponine si anak jalanan.

v  Aime atau Amjas, berarti yang tercinta.

v  Alaire atau Ilario, berarti keceriaan.

v  Alberga, berarti berwarna putih, atau suci seputih kertas.

Lanjut >>

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>