Mengajarkan Balita Membaca Melalui Mainan Huruf

Mendidik anak merupakan salah satu tanggung jawab orang tua, hal itu dimulai dari dalam rumah. Ketika masih balita anak sudah belajar bicara dari kedua orang tuanya,karena itulah timbul peribahasa “bahasa anak adalah bahasa ibu” artinya apa yang terucap dari seorang anak merupakan cermin dari bahasa ibu.

Mempunyai anak yang cerdas adalah impian setiap orang tua. Kecerdasan seorang anak tidak dapat muncul begitu saja,hal tersebut dapat diperoleh lewat pelatihan serta bimbingan dari orang tua .

Setelah mengenal bahasa,anak akan belajar mengenal huruf selanjutnya belajar membaca. Banyak media yang dapat dipakai untuk mendidik anak,misalnya mainan, buku gambar,buku mengenal huruf dan gambar visual (gambar bergerak).Saat ini kita fokus kepada mainan yang mendidik berbentuk huruf.

Untuk balita,mainan adalah sesuatu benda yang menyenangkan.Alangkah baiknya jika mainan tersebut dapat  melatih gerak motorik anak serta dapat menambah pengetahuan.Mainan yang berbentuk  huruf,biasanya terbuat dari plastik dan diberi warna-warna cerah.

Terdapat banyak ukuran,warna dan variasi,mainan ini dapat melatih gerak motorik tangan balita agar lebih tangkas dalam menggenggam dan memindahkan benda,selain itu balita dapat mengenal huruf – huruf serta belajar menyusun sebuah kata.Bagi balita mainan yang berwarna warni merupakan benda yang menarik,kecenderungan untuk tertarik pada hal-hal yang baru sangat besar sehingga anak akan cenderung menyukai mainan huruf ini.

Adapula yang diperlengkapi dengan papan untuk menyusun huruf sehingga membentuk suatu kata. Ketika bermain, orang tua hendaknya mengatakan nama dan warna dari huruf tersebut. Pada saat itu balita tidak akan memberi respon yang aktif tetapi otak sang anak akan menyimpan informasi tersebut.

Lanjutkanlah dengan huruf yang lain dan susunlah menjadi kata-kata yang sederhana. Ucapkanlah kata-kata tersebut sambil menunjuk susunan huruf dan lakukanlah berulang ulang. Lambat laun anak akan bereaksi dengan mengatakan kata-kata yang sama dengan yang diajarkan oleh orang tuanya.

Diera globalisasi ini banyak hal yang terjadi disekitar kita,alangkah baiknya orang tua dapat selektif dalam memberikan informasi untuk anak, karena apa yang kita berikan hari ini berpengaruh untuk masa depan anak kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>